fbpx

“Beli Kreatif Lokal”, Cara Wishnutama Tingkatkan Omzet Pelaku UMKM di Pasar Digital

https://www.tribunnews.com/bisnis/2020/11/06/beli-kreatif-lokal-cara-wishnutama-tingkatkan-omzet-pelaku-umkm-di-pasar-digital - 6 November 2020

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – GrabFood mengadakan konferensi virtual perdana bertema “Buka Potensi bersama Grab: Berkembang dalam Dunia Digital” pada Kamis (5/11/2020). Konferensi virtual ini dihadiri oleh Presiden Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata, Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi, Menparekraf Wishnutama Kusubandio, dan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki.

Dalam konferensi virtual ini, Menparekraf Wishnutama Kusubandio menjelaskan turunan gerakan Bangga Buatan Indonesia, yakni “Beli Kreatif Lokal”.

“Beli Kreatif Lokal adalah suatu program bagi pelaku ekonomi kreatif sub sektor kuliner, fashion, dan kriya untuk kembali bangkit dari dampak Covid-19 dan untuk ini bukan hanya kita pindah ke platform digital tapi belajar mengoptimalisasi digital ini untuk bisa melakukan pemasaran terintregarsi dan pendampingan untuk meningkatkan omzet,” ujar Wishnutama.

Apalagi menurutnya sangatlah penting bagi pelaku UMKM untuk tahu bagaimana setelah masuk ke dalam platform digital, omzet mereka bisa meningkat secara signifikan. “Ini adalah langkah berikutnya yang perlu kita dukung,” ujar Wishnutama.

Berkat perluasan channel penjualan di semua mitra, hal tersebut menurut Wishnutama, telah mendorong kenaikan omzet hingga 170 persen. “Adapun total omzet hingga awal Oktober 2020 yang terdata sekitar 10,8 miliar. Peningkatannya terlihat dari peserta Bangga Buatan Indonesia atau Beli Kreatif Lokal ini,” ujarnya.

Ia juga mengungkapkan segala program tak akan berhasil jika tak dibarengi semangat pelaku UMKM kreatif yang berusaha meningkatkan kemampuan mereka dalam ekonomi digital, “dan tentu saja peran penyedian platform digital sebagai wadah berjualan UMKM seperti yang telah dilakukan GrabFood ini,” ujar Wishnutama.

Share on facebook
Share on twitter