fbpx

Mengenal WAYO Strawberry, Finalis Festival Kreatif Lokal 2020 Asal Yogyakarta

https://www.dream.co.id/news/mengenal-wayo-strawberry-finalis-festival-kreatif-lokal-2020-asal-yogyakarta-201031l.html - 1 November 2020

Berikut profil lengkap dari WAYO Strawberry sebagai finalis Festival Kreatif Lokal 2020 selengkapnya.

Setelah melewati beragam proses penjaringan, penyaringan, hingga penjurian yang begitu ketat, Festival Kreatif Lokal 2020 akhirnya menemukan para finalis terbaik. Setidaknya ada 18 finalis yang masuk ke babak final Festival Kreatif Lokal 2020. Menariknya mereka terbagi ke dalam beberapa kategori.

Dalam kategori kuliner ada finalis asal Yogyakarta, yaitu WAYO Strawberry. Keunikan yang mereka miliki bukan hanya dari segi nama, tetapi juga produk UMKM yang menarik perhatian juri. Paling penting lagi, WAYO Strawberry turut memberikan dampak yang besar bagi masyarakat di sekitarnya. Berikut profil lengkap dari WAYO Strawberry sebagai finalis Festival Kreatif Lokal 2020 selengkapnya.

Arti Nama hingga Awal Mulai Usaha

Menurut sang founder Yulia Angelina Kurniawan Ang, nama WAYO Strawberry merupakan singkatan dari WAroeng YOgurt, karena awalnya sempat membuka usaha pembuatan yogurt di Surabaya. Sementara latar belakang usaha WAYO Strawberry ini bermula ketika Yulia masih bekerja dalam manajemen resto yang dikelola oleh Chef Lucky Masterchef Indonesia Season 1 di Yogyakarta. Selama bekerja di sana, ia menyerap banyak ilmu dan pengalaman.

Selain itu, Yulia juga punya relasi dengan para petani strawberry di Tasikmalaya, sehingga dapat suplai produk strawberry untuk tempatnya bekerja, lantaran pada 2016-2017 masih belum banyak supplier strawberry di Yogyakarta. Berbekal pengalaman tersebut akhirnya ia membuka usaha buah strawberry selama 2 tahun, lalu menyebarkan penawaran ke B2B.

Tak Membatasi Market B2B Saja

WAYO Strawberry

Seiring berjalannya waktu, usaha ini pun mendapat permintaan dari B2B-nya untuk menyuplai aneka buah dan sayur lainnya juga, sehingga usaha ini pun berkembang sampai sekarang. Meski begitu, untuk market dari usaha ini tidak dibatasi, B2B (Horeka), Rumah Tangga atau end-user pun tetap dilayani. Bahkan banyak dari yang tadinya konsumen end-user akhirnya ikut membuka usaha perseorangan. Kini usaha WAYO Strawberry memiliki satu kios di Jalan Suryodiningratan 32, Mantrijeron, Yogyakarta.

Bantu Petani Lokal Pasarkan Produk Hasil Pertanian

Sumber buah WAYO berasal dari petani konvensional yang kadang tidak ada akses langsung baik ke B2B maupun sampai ke end-user, adapula buah yang spesifik (segmented) sehingga saat panen mereka belum tahu akan dipasarkan di mana. Nah, WAYO menggandeng petani-petani lokal untuk membantu pemasaran buah dan produk panenan petani ke skala B2B dan end-user.

Selain itu, sumber sayuran WAYO berasal dari petani juga dan sebagian pedagang di pasar tradisional Beringharjo yang berjualan masih secara konvensional. Untuk jangkauan yang lebih luas terutama kondisi pandemi seperti ini konsumen lebih merasa aman belanja online. WAYO tergabung dalam paguyuban pedagang Beringharjo sejak sebelum pandemi dan menjadi perpanjangan tangan atau pelebaran sayap pada petani serta pedagang di pasar tradisional.

Lewat langkah-langkah tersebut, WAYO berupaya menciptakan lapangan pekerjaan khususnya di masa pandemi ini, serta membangun networking baru serta existing masih di ranah buah serta sayur. Bukan hanya itu, WAYO juga telah menjadi mitra petani milenial di lereng gunung Andong Jawa Tengah untuk pemasaran buah organik dan musiman ke end-user.

Sampai saat ini WAYO Strawberry telah memiliki 2 kurir tetap, 1 orang yang bertugas sebagai purchasing, 3 orang sebagai kasir dan kru kios, 2 oranng sebagai packing dan strawberry specialist, serta 2 orang lagi yang mengurus manajemen. Sementara gaja karyawan yang diterima sekitar Rp1,5 juta sampai Rp2,7 juta per bulannya.

Kamu bisa menemukan produk-produk WAYO Strawberry langsung lewat www.jualstrawberryjogja.com, e-commerce WAYO Strawberry via Shopee, hingga akun instagram @wayostrawberry. Berkat usaha ini, WAYO Strawberry bisa meraih omzet hingga Rp200 juta per bulan.

Festival Kreatif Lokal 2020 adalah kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) dari Adira Finance bekerjasama dengan Kemenparekraf RI bertemakan #BangkitBersamaSahabat yang diadakan mulai Agustus 2020 hingga Januari 2021 mendatang. Kegiatan ini merupakan bentuk dukungan Adira Finance terhadap program Kemenparekraf RI #BeliKreatifLokal dan Bangga Buatan Indonesia.

Share on facebook
Share on twitter